Pesan

Kapan Kami Harus Menghubungi Anda?

Edit Template

Sistem Administrasi PondokPesantren

Sistem Administrasi PondokPesantren

PonpesModern.com merupakan terobosan baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberi kemudahan untuk menejemen system digital pondok pesantren modern  untuk mempermudah proses belajar mengajar. Pengajar dan Santri makin mudah mengakses bahan ajar. Pengajar, Santri, Kepala Sekolah dan unsur pendidikan juga bisa mengaksesnya. PonpesModern.com ini sudah terintegrasi dengan database dan digital.

Administrasi adalah kegiatan yang meliputi mencatat, surat-surat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Arti luas, administrasi adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.

Perkembangan pondok pesantren di masa depan di tentukan oleh kemampuan ponpes itu sendiri dalam mengadaptasi dan mengatasi segala kesulitan maupun tantangan yang selama ini di hadapi melihat perkembangan pendidikan pondok pesantren sekarang ini, maka dapat dirasakan arti pentingnya suatu kegiatan sistem administrasi pendidikan, dimana pendidikan yang ada di pondok pesantren dikelola secara modern dengan sistem pelaksanaannya dilakukan secara klasikal.

Pondok pesantren sebagai wadah yang mendidik santri berdasarkan Alquran dan Alhadis, pasti dalam kegiatan kesehariannya melakukan kegiatan administrasi, baik administrasi dalam arti sempit dan luas. Misal, administrasi bermakna sempit adalah mencatat pembayaran kas bulanan, menghitung dan melaporkan keuangan saat ada kegiatan, mengirimkan surat ke orang tua/ wali santri, menyimpan surat atau berkas pondok pesantren, dan kegiatan lainnya.

Dengan demikian, santri harus memahami kegiatan administrasi. Meskipun, ada orang yang mengatakan bahwa pondok pesantren itu tidak “kolot”, saya rasa itu tidak pas. Oleh karena, santri harus mampu membuktikannya melalui kegiatan-kegiatan administrasi yang bersifat luas, bukan kegiatan administrasi yang bersifat sempit.

Pada hakikatnya kegiatan manajemen administratif di setiap lembaga pendidikan dimaksudkan untuk mengatur suatu program agar segalanya dapat berjalan dengan teratur dan terarah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Begitu juga di sebuah pondok pesantren, keteraturan dan kedinamisan serta ketertiban dilakukan merupakan suatu upaya untuk mencapai tujuan.

Apabila pondok pesantren berbenah dan tidak menutup diri dari perubahan zaman di era globalisasi ini, maka sangat diharapkan dari pondok pesantren tersebut lahir para intelektual muda yang telah di bekali ilmu agama dan ilmu umum. Sehingga siap terjun ke masyarakat, namun demikian tidak semua pondok pesantren mampu menerima hal yang sama, dalam hal ini kaitannya dengan pelaksanaan manajemen administratif pendidikan yang dikelola secara modern.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

In the technological tradition

Information

Privacy Statement

Terms of Service

© 2024  PM