Pesan

Kapan Kami Harus Menghubungi Anda?

Edit Template

Sistem aplikasi PonpesModern

Sistem Aplikasi PonpesModern

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia sampai sekarang tetap memberikan kontribusi penting di bidang sosial keagamaan.Tak sedikit tokoh islam lahir dari lembaga pesantren. Pondok Pesantren merupakan gabungan dari dua kata, yaitu kata “pondok” dan kata “pesantren”. Kata pondok sendiri diambil dari bahasa arab yaitu funduq ( فُوْنْدُوْقٌ) yang artinya Hotel atau Asrama, dalam bahasa jawa, pondok berarti madrasah atau asrama yang digunakan untuk mengaji dan belajar agama Islam. Sedangkan kata “pesantren” sendiri adalah berasal dari kata santri yang mendapat awalan pe dan akhiran an. Kata santri sendiri berasal dari istilah shastri dan di ambil dari bahasa Sanskerta, yang bermakna orang-orang yang mengetahui kitab suci agama.

   Sistem aplikasi adalah sistem yang memudahkan informasi ponpes modern  atau instansi pendidikan untuk

 melakukan pengolahan akademik. Dengan adanya program pemerintah yaitu digitalisasi pesantren. Setiap pesantren diharapkan membuat sebuah sistem yang sudah digital, agar memudahkan proses berkembangnya sebuah pesantren.

       Dengan diterapkannya sistem ini bertujuan untuk memudahkan pelayanan informasi publik kepada orangtua/wali santri, maka pondok pesantren Daar El Hasanah memberikan solusi terbaik dengan cara inovasi yang awalnya menggunakan sms gateway menjadi aplikasi Telegram robotik yang terintegrasi dengan sistem IT Daar El Hasanah. Melalui sistem ini orangtua/wali santri dapat mengakses informasi anak-anak nya yang dilayani oleh sistem robotik secara otomatis, seperti :

* Informasi mengenai keuangan (uang jajan ataupun bayaran).

* Informasi kehadiran santri (absen harian, pelajaran dan kegiatan).

* Informasi mengenai nilai

* Informasi mengenai update kegiatan di pondok pesantren

 

Sistem administrasi PonpesModern

 

    Di Indonesia sudah banyak sekali tersebar luas pondok pesantren modern, namun masih sangat minim pondok atau lembaga tersebut yang mengaplikasikan sistem-sistem di dalamnya itu dengan berbasis IT ( Ilmu Teknologi )

        Urusan administrasi (keuangan) adalah urusan yang sangat penting bagi suatu lembaga. Salah sedikit saja dalam mengurusnya maka akan berakibat fatal. Beragam hal negatif dapat timbul dari cara kepengurusan  yang salah. Hal tersebut bisa terjadi jika kepengurusan tersebut tidak sesuai dengan sistem yang telah benar dan ditetapkan sebelumnya. Maka dapat disimpulkan bahwa dampak negatif yang timbul dari penyimpangan yang dilakukan oleh pengurus administrasi dalam suatu lembaga tersebut.

     PonpesModern memiliki sistem sisir, ini adalah sitem kasir. Sistem kasir ini bisa digunakan untuk umum. Dalam system kasir ini menggunakan kartu dan memiliki pin.

     Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberi kemudahan untuk menejemen system digital pondok pesantren modern  untuk mempermudah proses administrasi. Menggunakan Sistem transaksi yang telah terkomputerisasi akan langsung dapat menghasilkan data-data laporan yang diperlukan yang telah di
masukkan kedalam database sistem. Sistem administrasi tersebut lebih efisien, ekonomis dan cepat.Kami menyediakan sistem administrasi berbasis online dan offline.

         Sistem administrasi modern dengan didukung Sumber daya Manusia (SDM) profesional dan berkualitas akan menciptakan pelayanan yang berlandaskan transparansi, mandiri, responsif, dan adil.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

In the technological tradition

Information

Privacy Statement

Terms of Service

© 2024  PM